5 Penyebab Berat Badan Susah Turun

Anda pasti pernah merasa berat badan sulit sekali turun walaupun sudah mencoba menjaga pola makan dan berolahraga. Anda pun pasti bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab berat badan susah turun walaupun sudah mencoba diet. Bisakah penyebabnya datang dari pola diet atau olahraga yang kurang?
5 Penyebab Berat Badan Susah Turun
JIKA Anda memperhatikan promo iklan diet saat ini, pasti Anda akan diberitahu betapa mudahnya menurunkan berat badan. Cukup dengan pil A atau mengikuti pola diet B, atau dengan membeli peralatan olahraga C, dan semua lemak dalam tubuh akan menghilang dalam sekejap. Anda tergiur dengan promo berat badan turun dalam waktu yang singkat. Lalu, Anda pun menjalani diet tertentu dan hasilnya berat badan sulit sekali turun walaupun sudah mencoba program tertentu.
Anda pun pasti merasa putus asa dan bertanya-tanya apa yang salah dari program yang diikuti? Mengapa berat badan sulit sekali turun? Well,tidak ada jalan pintas menuju berat badan yang ideal. Anda patut mengetahui penyebab berat badan susah turun walaupun sudah mencoba program penurunan berat badan.

Pola makan yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh

Mengatur pola makan adalah hal penting dalam program menurunkan berat badan. Anda harus menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh dan mulai mengganti makanan yang tidak sehat dengan pilihan makanan yang sehat dan bergizi. Anda pun harus menjaga pola makan dan sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Beberapa ide untuk membantu menjaga pola makan sehat meliputi:

  1. Tulis makanan yang sudah Anda konsumsi dalam sebuah jurnal.
  2. Selalu membaca label makanan sebelum membeli.
  3. Jangan malas untuk menyiapkan makanan di dapur.
  4. Pahami porsi makanan yang tepat untuk dikonsumsi tubuh.
  5. Perhatikan selalu apa yang Anda makan dan pastikan tidak tergiur dengan aroma makanan tidak sehat yang dapat menggoda selera makan Anda.

Anda mungkin merasa bahwa Anda harus mengorbankan pizza, fast food, camilan gorengan atau snack yang lain. Kemudian Anda merasa diet tidak menyenangkan karena tidak dapat menikmati makanan kesukaan Anda. Namun kenyataannya, Anda masih bisa menikmati makanan kesukaan Anda tetapi tidak setiap hari. Jika Anda ingin makan makanan favorit Anda, pastikan Anda mengatur porsinya karena porsi yang berlebih tidak baik untuk tubuh.

Cara olahraga yang kurang tepat

Salah satu penyebab berat badan susah turun adalah olahraga yang tidak efektif. Program diet Anda akan sia-sia jika tidak disertai dengan olahraga teratur. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym. Yang Anda perlukan adalah jadwal olahraga yang tepat dan dapat Anda lakukan setiap harinya. Patut Anda pahami juga bahwa Anda harus memahami workout yang nyaman untuk Anda jalani setiap hari demi menjaga berat badan yang ideal dan tubuh yang fit.
Jika Anda hanya berolahraga dalam jangka waktu beberapa minggu lalu berhenti berolahraga, maka berat badan pun akan kembali seperti semula. Demi menjaga kondisi tubuh dan berat badan, Anda pun harus mengubah pola pikir Anda untuk hidup lebih sehat. Dengan berolahraga secara teratur, maka berat badan ideal pun dapat Anda capai dengan mudah.

Gaya hidup yang kurang sehat

Jika Anda menginginkan kehidupan yang sehat dan berat badan yang ideal, Anda harus rela mengubah cara hidup Anda. Hal itu tidak berarti mengubah segalanya dalam waktu sekejap, tetapi Anda dapat mengubahnya secara perlahan. Beberapa hal yang mungkin perlu Anda ubah untuk hidup sehat adalah:

Rutinitas sehari-hari

Cobalah untuk bangun lebih awal untuk menyiapkan makan siang atau berolahraga sejenak sebelum memulai aktivitas. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan setelah bekerja daripada menonton TV. Anda pun perlu menetapkan peraturan baru untuk membatasi waktu untuk menonton TV atau berapa lama Anda duduk di depan komputer. Pastikan semua kegiatan yang Anda lakukan seimbang dan harus lebih banyak bergerak.

Pantry tempat Anda menyimpan makanan

Tempat penyimpanan makanan mempunyai andil besar dalam program diet Anda. Pasti di meja kantor atau di rumah, Anda menyimpan snack atau camilan yang Anda konsumsi di waktu luang. Jika sebelumnya Anda terbiasa mengonsumsi chips atau camilan yang tidak sehat, saatnya ganti camilan Anda dengan potongan buah atau snack sehat rendah kalori.

Jadwal Anda

Berat badan akan susah turun jika Anda tidak mengubah lifestyle. Luangkan waktu sejenak membuat jadwal aktivitas dan masukkan kegiatan olahraga, waktu untuk menyiapkan makanan, dan waktu tidur. Banyak orang dengan kegiatan yang padat dan sibuk memakai alasan tersebut untuk tidak dapat hidup sehat.
Faktanya, banyak orang dengan aktivitas padat, dapat memiliki berat badan ideal dan hidup sehat. Mereka pun sudah menetapkan jadwal aktivitas dan mengikuti jadwal tersebut. Jika Anda belum siap untuk bertanggung jawab atas jadwal yang telah Anda buat, maka akan sulit menurunkan berat badan.

Makanan menjadi cara “aman” mengatasi stres dan tekanan emosional

Penyebab berat badan susah turundapat datang dari faktor tekanan emosional Anda. Banyak orang merasa bahwa salah satu cara mengatasi depresi atau stress melalui makanan. Makanan menjadi cara “aman” yang banyak digunakan untuk menghadapi tekanan emosional. Faktanya, mengonsumi makanan dalam jumlah berlebih saat sedang stress dapat meningkatkan berat badan dengan cepat. Setelah itu, Anda pun akan susah menurunkan berat badan.
Jika hal itu terjadi pada diri Anda, maka mulailah mencari cara yang lain untuk mengatasi depresi atau stres yang Anda rasakan. Anda dapat menemui psikolog untuk meminta bantuan mengatasinya. Alihkan pikiran Anda dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya berolahraga.

Kurangnya komitmen dan fokus untuk menurunkan berat badan

Salah satu penyebab berat badan sulit turun adalah kurangnya komitmen dan fokus dalam menurunkan berat badan. Saat sedang menjalani program diet, Anda merasa capek dan akhirnya menyerah. Itu tandanya komitmen Anda untuk mencapai goal tertentu masih lemah.
Untuk mencapai berat badan yang ideal dan sehat tidaklah mudah. Kuatkan komitmen dan fokus Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Motivasi diri denganmencari lebih banyak alasan agar sehat. Ingatkan diri Anda bahwa semua yang Anda lakukan akan membuat tubuh lebih berenergi, merasa nyaman dengan diri sendiri, tidur nyenyak dan berat badan ideal.
Menurunkan berat badan memang bukanlah hal yang mudah. Semua membutuhkan proses dan komitmen dari diri sendiri untuk tetap menjaga gaya hidup sehat. Yakinkan diri Anda bahwa hidup sehat menjadi investasi masa depan Anda.
Baca juga: Jangan Lakukan 10 Kesalahan Diet Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *