6 Jenis Diet yang Mungkin Tidak Cocok untuk Anda

Saat ini banyak pola makan diet yang populer di kalangan masyarakat. Ada orang yang berhasil dengan satu diet, tetapi ada juga yang tidak cocok dengan program diet tertentu. Untuk itu, Anda patut mengetahui jenis diet yang tidak cocok untuk Anda. Apa saja itu?

BEBERAPA tahun terakhir ini, ada beberapa jenis pola makan diet yang populer di masyarakat. Sebagian orang mengikuti program tertentu dan ada diet yang berhasil, tetapi ada juga yang gagal karenadiet tidak cocok dengan kondisi tubuh.
Mengingat fakta ini, penting bagi Anda memilih polamakan diet yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup pribadi Anda. Anda harus realistis tentang kebiasaan makan Anda dan kemampuanAndasebelum menginvestasikan waktu atau uang ke program penurunan berat badan tertentu. Berikut 6 jenis diet yang mungkin tidak cocok dengan kebutuhan Anda:

The Wheat Belly Diet atau Diet Bebas Gandum

Jenis diet ini diprakarsai oleh seorang ahli jantung, William Davis, M.D. Dia mendorong masyarakatuntuk mengurangi dan bahkan menghilangkan gandum dalam komposisi makanan sehari-hari agar meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan dapat melangsingkan tubuh. Tapi apakah jenis diet initepat untuk Anda?
Jika makanan kesukaan Anda adalah roti, maka jawabannya adalah jenis diet tidak cocok dengan Anda. Lebih baik Anda membatasi asupan makanan tersebut daripada harus putus kontak dari makanan yang Anda sukai.
Seringkali banyak yang beranggapan bahwa taktik “all or nothing” adalah gagasan yang bagus dalam program penurunan berat badan. Namun, sebenarnya taktik ini justru mempunyai risiko mudah menambah berat badan.

Diet Paleo

Diet ini juga disebut the caveman dietdansangat populer di kalangan olahragawan. Program diet paleo menganjurkan untuk mengonsumsimakanan yang dulu sering dikonsumsi manusia purba yaitu daging, sayur organik, ikan yang langsung ditangkap dari alam lia,r dan jenis makananyang mengandung lemak sehat, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jenis diet ini tidak mengonsumsi produk makanan olahan, produk susu, biji-bijian sereal, kentang, dan garam.
Beberapa orang mungkin cocok dengan jenis diet ini. Namun, jika diet tidak cocok dengan Anda, maka tidak perlu memaksakan diri.
Baca juga:Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Bantu Membakar Lemak
Banyak yang berpendapat bahwa mereka tidak cocok dengan jenis diet ini karena makanan dalam diet paleo ini cukup terbatas dan mungkin susah untuk didapatkan. Apalagi, bahan organik harganya lebih mahal dibanding produk makanan biasa yang dijual di pasar.

Diet Militer

Diet militer ini tidak ada hubungan dengan program militer, tetapi asalnya, pola diet ini dulu dilakukan oleh tentara Amerika Serikat. Program diet ini dipercayai dapat menurunkan berat badandalam 3 hari jika Anda mengikuti program dengan tepat.
Dalam program ini, Anda harus mengonsumsi tuna, hot dog, dan buah anggur. Sisa 4 hari tanpa diet, Anda perlu membatasi asupan makanan 1.200-1.500 kalori protein, buah, dan sayuran tanpa lemak.
Jika dilihat dari pola makan dalam diet militer ini, Anda harus mempunyai tekad untuk mengikuti aturan diet secara ketat dan tepat. Bagi sebagian orang mugkin gampang tetapi belum tentu Anda akan menikmati pola diet seperti ini.

Diet Bebas Gluten

Orang dengan sensitivitas terhadap gluten atau mengidap penyakit celiac mengikuti diet bebas gluten demi menjaga kesehatannya.Namun, banyak yangmemilih diet bebas gluten untuk menurunkan berat badan.
Dalam pola diet bebas gluten, Anda harus menghindari makanan yang mengandung gluten. Gluten merupakan protein yang banyak terkandungdalam gandum, barley, dan produk-produknya yang lain seperti bir atau sereal granola. Saat ini pun semakin banyak produk makanan dengan tanda “bebas gluten” demi menarik konsumen untuk mengikuti pola diet bebas gluten.
Namun kenyataannya, pada makanan tersebut, gluten digantikan dengan gula dan kalori yang berlebih. Itu berarti kandungan dalam makanan tersebut juga tidak benar-benar sehat. Jadi, jikaAnda tidak mengidap penyakit celiac sebaiknya Anda tidak perlu menjalani diet ini.

Jus / Smoothie / Diet Cair

Menghindari makanan padatterdengar seperti ide diet yang sederhana, karena itulah sebagai gantinya, pola diet dengan jus, smoothies, dan makanan cair lainnya sangat menarik bagi banyakorang. Meskipun programpenurunan berat badan ini sederhana, Anda patut mengerti kondisi tubuh tidak sepenuhnya dapat menerima makanan dalam bentuk cairan setiap hari.
Tubuh pun juga memerlukan makanan padat. Jika Anda adalah orang yang sangat menikmati makanan padatdan hobi berwisata kuliner, maka diet makanan cair mungkin bukan solusi terbaik untuk Anda.

Program diet dalam kemasan

Jenis program ini menawarkan pola diet makanan kemasan seperti Jenny Craig dan Nutrisystem. Kedua jenis program diet ini sangat populer di kalangan masyarakatyang membutuhkan program dietyang nyaman dan tidak repot mencari makanan diet.
Namun,beberapa makanan pada program ini mengandung sodium yang cukup tinggi dan dapat menjadi pilihan yang buruk bagi pelaku diet dengan tekanan darah tinggi. Untuk ukuran porsi juga cenderung sangat kecil dan tidak sesuai degan porsi perut Anda.
Jika Anda ingin mengikuti program serupa, sebaiknya konsultasikan hal ini kepada ahli gizi sebelum Andamenghabiskan uang demi jenis program diet kemasan ini.
Baca juga:5 Trik Ini ‘Menipu’ Diri untuk Turunkan Berat Badan
Setiap program diet mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda merasa program diet tersebut menyiksa diri dan emosi, itu tandanyadiet tidak cocok bagi tubuh Anda. Kunci diet yang berhasil adalah mengikutipola makan diet yang sesuai dengan kondisi tubuh dan gaya hidup Anda.
Diet yang berhasil juga membuat tubuh semakin segar tanpa membuatAnda merasa tersiksa saat menjalaninya. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya luangkan waktu untuk mencari informasi tentang program diet tersebut atau lebih baik berkonsultasi pada ahli gizi untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *