Berat Badan Susah Turun? Mungkin Anda Termakan 5 Mitos Diet Ini

Jangan percaya pada mitos diet yang salah karena itu merupakan salah satu alasan mengapa berat badan susah turun!
berat badan susah turun
BICARA soal diet, memang ada berbagai penyebab mengapa berat badan susah turun. Dan menariknya, salah satu penyebab susah langsing itu ternyata karena kita memercayai mitos diet yang salah.
Nah kalau apa yang kita anggap benar ternyata keliru, maka otomatis kita akan bertindak salah juga, bukan? Karenanya sekarang, mari kita cari tahu apakah selama ini kita termasuk salah satu korban dari mitos diet yang keliru tersebut atau tidak.

1. Makan karbohidrat bikin gemuk

Banyak pediet menghindari bahan makanan yang mengandung embel-embel karbohidrat. Mereka beranggapan kalau karbohidrat itu pasti bikin gemuk karena merupakan salah satu jenis makanan penyebab susah langsing.
Padahal kita bisa tetap makan karbohidrat tanpa khawatir berat badan bakal naik karenanya. Fakta lain mendapati kalau karbohidrat malah bisa membantu menurunkan berat badan. Tentunya ini juga tergantung dari tipe karbohidratnya dan berapa banyak yang dikonsumsi.
Karbohidrat dari buah, sayur, dan whole grains misalnya, merupakan jenis yang kaya serat sehat sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah kita makan berlebihan.
Lain halnya dengan jenis karbohidrat hasil proses (refined carbs) seperti kue kering atau roti tawar putih. Karbohidrat dari makanan semacam ini tak hanya rendah serat, namun juga tinggi gula serta kalori. Jenis karbohidrat inilah yang sebaiknya dihindari atau diminimkan konsumsinya. Anda yang ingin tetap makan harus memperhatikan benar, terutama soal porsinya.
Ada baiknya jenis karbohidrat yang tinggi kalori dikonsumsi dalam porsi sedikit saja. Alasannya, bukan karbohidratnya, tapi kandungan kalori berlebihnya yang ternyata bikin gemuk.
Baca juga:Baru Mulai Diet Karbo? Ini Panduannya!

2. Salad selalu baik untuk mereka yang diet

Salad memang identik dengan makanan sehat yang melangsingkan karena isinya mayoritas hanya buah atau sayuran saja. Namun kalau Anda berpikir bahwa makanan ini pasti ramah untuk diet, maka pemikiran semacam itu salah besar.
Sebab, ramah-tidaknya sajian salad untuk berat badan sangat tergantung dari topping yang digunakan. Kalau topping-nya sarat lemak dan gula seperti buah kering, keju, dan lain sebagainya, maka hidangan tersebut bisa membuat berat badan susah turun.
Belum lagi kebanyakan restoran pasti memakai dressing yang sifatnya creamy dan kaya minyak, seperti mayonaise salah satunya. Tentunya ini bisa menambah timbunan lemak dalam hidangan salad tadi.
Oleh karena itu, bila ingin memesan salad, pilihlah yang bahan utamanya sayuran segar dan protein tanpa lemak. Sedangkan untuk dressing-nya, pilih yang rendah lemak. Soal penyajiannya, jangan sekali-kali menuangkan dressing langsung ke atas salad. Sebaliknya gunakan dressing tersebut sebagai saus saja (celup sayur ke dalamnya bila hendak makan). Dengan begitu, takaran dressing takkan berlebihan.

3. Silakan makan apa saja yang diinginkan selama itu sehat

Memang benar sih makanan sehat itu jauh lebih baik daripada junk food atau makanan hasil proses lainnya. Tapi ingat, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kalori berlebih itu yang bikin gemuk. Jadi hanya karena makanan tertentu dinilai sehat dan kaya gizi, tak berarti Anda boleh makan sebanyak yang diinginkan.
Contohnya pisang, 1 buah yang berukuran sedang saja sudah memuat 105 kalori, gr lemak, dan 3 gr serat. Memang masih aman kalau pisang tersebut hanya dimakan sebagai cemilan. Tapi kalau Anda memasukkan 3 buah sekaligus dalam blender untuk membuat smoothie, lalu masih makan buahnya lagi dalam bentuk utuh, maka tubuh akan menerima lebih dari 300 kalori sekaligus.
Kesimpulannya, karena semua makanan pasti mengandung kalori, maka kalau porsinya tidak dikontrol, maka makanan yang berlabel sehat sekalipun tetap bisa bikin gemuk. Hati-hati!

4. Supaya berat badan bisa turun, hindari makanan favorit Anda.

Sebenarnya kunci menurunkan berat badan yang utama adalah keseimbangan antara kalori yang dimakan dengan energi yang dikeluarkan. Jadi saat diet, Anda tidak harus menjauhi makanan favorit apalagi kalau tingkat aktivitas tergolong padat.
Kalau makanan tersebut memang sehat apalagi rendah kalori, Anda boleh tetap mengonsumsinya. Yang penting jangan berlebihan, dan tak perlulah terlalu mengekang diri sampai sengaja puasa makan makanan kegemaran. Sikap terlalu antipati semacam ini hanya akan membuat nafsu makan memberontak suatu hari nanti sehingga malah menciptakan bencana kalap makan yang lebih berbahaya untuk berat badan.
Baca juga:Aturan “Cheat Day” Saat Melakukan Program Diet

5. Memutuskan jadi vegetarian memang paling aman kalau ingin kurus

Diet itu tak seharusnya menyiksa. Hanya karena ingin lebih langsing dari sekarang, tak berarti Anda harus ekstrim sampai-sampai memutuskan menjadi vegetarian. Bagi orang yang doyan pasta, pizza, kue, dan deretan makanan berlemak lainnya, mengganti dada ayam dengan semangkuk pasta keju bukanlah ide menarik.
Dan tindakan inipun takkan membantu menurunkan berat badan. Idealnya, entah Anda termasuk vegetarian atau tidak, selalu utamakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang terkontrol kadar kalorinya. Itulah resep diet yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *