Bingung Memilih Jenis Kondom yang Tepat? Ini Panduannya

Ada beragam jenis-jenis kondom yang dijual di pasaran. Bukan hanya bentuk dan teksturnya saja yang bervariasi, tapi bahan pembuatannya pun berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin memilih kondom yang tepat, simak informasi dan panduannya di sini.
memilih kondom yang tepat
SEBELUM membahas hal-hal yang dipertimbangkan untuk memilih kondom yang tepat, Anda perlu mengetahui jenis-jenis kondom yang dijual di pasaran. Berikut adalah berbagai jenis kondom berdasarkan materialnya.

Lateks

Jenis kondom dari karet ini adalah yang paling umum. Bahkan, sebagian besar kondom yang dijual di Indonesia adalah berbahan lateks. Kondom jenis lateks adalah yang terbaik untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.

Polyurethane

Sebagian pria memiliki alergi terhadap lateks. Jadi, solusi jenis kondom yang paling tepat untuk pria yang alergi lateks adalah polyurethane. Kondom ini berbahan seperti plastik dan tidak elastis seperti kondom lateks. Kekurangan dari kondom jenis ini adalah mudah tergelincir.

Kulit hewan

Selain dua jenis kondom di atas, ada satu lagi jenis kondom yang disukai para pria yakni kondom yang terbuat dari kulit hewan, lebih tepatnya kulit domba. Kondom ini sangat adem dan terasa nyaman di kulit. Perlu diketahui juga, kondom ini mungkin efektif mencegah kehamilan, tapi tidak untuk penyakit menular seksual.

Polyisoprene

Kondom non-lateks ini terbuat dari karet alami sehingga terasa lebih nyaman. Bahkan, FDA (Badan Kesehatan AS) telah menyetujui bahwa kondom jenis ini aman untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.
Baca juga: 5 Tipe Kondom Unik yang Perlu Anda Coba
Selain mempertimbangkan jenis-jenis kondom yang paling nyaman bagi Anda, ternyata Anda juga harus memilih kondom yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

Merk

Tak dapat dipungkiri bahwa merk bisa menjamin kualitas kondom yang akan dipakai. Pilih kondom dari merk yang terkenal agar Anda merasa aman dan nyaman saat bercinta. Beberapa merk kondom yang terkenal di Indonesia adalah Sutra, Durex, Vivo, Simplex, Sagami, dan masih banyak lagi.

Tanggal Kedaluwarsa

Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan kondom. Kondom yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa (expiry date) cenderung lebih mudah robek. Jadi, untuk menjaga keamanan dalam bercinta sebaiknya cek tanggal kedaluwarsa kondom yang akan dipakai.

Kekuatan

Para pria mungkin mengira bahwa kondom yang tebal jauh lebih aman. Sayangnya, kondom yang terlalu tebal dapat mengurangi kenikmatan bercinta. Jadi, gunakan saja kondom yang tipis agar Anda bisa merasakan sensasi kenikmatan bercinta. Selama kondom yang Anda pakai sudah terdaftar di FDA atau BPOM, maka kekuatan kondom tersebut sama saja.

Pelumasan

Perlu Anda ketahui bahwa kondom hadir dengan pelumas dan ada pula yang kering tanpa pelumas. Pria pasti menyukai kondom berpelumas karena dapat membuat aktivitas bercinta jadi lebih nyaman dan tidak menyakitkan bagi pasangan.
Beberapa merk kondom menambahkan spermisida (cairan pembunuh sperma) untuk membuat kondom semakin efektif. Sayangnya, spermisida ini bisa menimbulkan gatal dan alergi pada kulit yang sensitif.

Ukuran

Penting untuk menggunakan kondom dengan ukuran yang sesuai. Pasalnya, kondom yang kebesaran atau kekecilan dapat mengakibatkan efektivitasnya berkurang.
Ukuran kondom yang longgar bisa saja terlepas saat digunakan dan kondom yang terlalu ketat bisa robek. Meskipun kebanyakan kondom yang beredar di pasaran adalah ukuran regular, tak sulit untuk menemukan kondom besar atau kecil, baik di apotek, mini market, ataupun secara online. Sebaiknya, pastikan dulu ukuran penis Anda agar tidak kekecilan atau kebesaran saat membeli kondom.
Baca juga: Begini Lho, Cara Mengukur Mr. P yang Benar

Tekstur

Dewasa ini, sudah banyak jenis-jenis kondom tekstur yang dapat menambah kenikmatan saat bercinta. Kondom tekstur ini ada yang bergerigi, bintik-bintik, dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya jika Anda dan pasangan menginginkan sensasi lain saat bercinta dengan memakai kondom bertekstur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *