Cara Move On dari Mantan Ini Terbukti Ampuh secara Ilmiah!

Melupakan seseorang bukanlah hal yang mudah dan menyenangkan. Tak heran jika kemudian cara move on cepat banyak dicari, termasuk dalam riset-riset ilmiah. Menurut studi, inilah cara move on dari mantan yang terbukti efektif dan efisien. Penasaran?

move on cepat

PUTUS hubungan dengan pasangan bisa jadi adalah salah satu momen tersulit yang mesti dihadapi seseorang dalam hidup. Untuk melaluinya, ada berbagai cara yang dilakukan. Mulai dari mem-block akun si dia di sosial media, menghindari tempat-tempat yang pernah dikunjungi berdua, hingga pindah ke luar kota.

Yang jelas, cara move on dari mantan sangatlah banyak bentuknya. Namun, cara move on dari mantan yang tepat bagi seseorang belum tentu tepat bagi yang lainnya. Setiap orang membutuhkan cara yang berbeda-beda untuk bisa move on cepat dari si dia.

Untuk menemukan cara move on cepat dari mantan pasangan, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Psychology: General mengumpulkan 24 responden yang baru saja mengalami perpisahan dari sebuah hubungan jangka panjang.

Kedua puluh empat responden ini kemudian dibagi ke dalam empat kelompok berbeda dan tiap-tiap kelompoknya diberikan instruksi berbeda. Entah itu berpikir negatif tentang mantan, berpikir positif tentang mantan, berpikir positif tentang hal lain yang tidak terkait dengan mantan, dan berpikir acak saja tanpa ada tujuan khusus.

Instruksi terakhir ini diberikan kepada kelompok kontrol untuk melihat apakah instruksi yang lain akan memberikan hasil yang sangat berbeda dari kelompok kontrol ini. Setelah diberikan instruksi, masing-masing responden akan diperlihatkan foto mantan mereka. Reaksi mereka akan diukur oleh peneliti menggunakan elektroda dan kuesioner.

Setelah diukur, rupanya ketiga instruksi selain yang diberikan kepada kelompok kontrol terbukti ampuh untuk mengurangi reaksi emosional seseorang ketika melihat foto mantan. Namun, cara-cara itu juga berefek pada mood negatif responden.

Hanya kelompok yang diberi instruksi berpikir positif tentang hal lain selain mantanlah yang dapat merasakan perbaikan mood. Peneliti dalam studi ini juga menemukan bahwa berpikir negatif tentang mantan bisa menurunkan perasaan cinta seseorang.

Baca juga: Yakin Sudah Move On dari Mantan? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini!

Bagaimana Mengaplikasikannya di Kehidupan Nyata?

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengaplikasikan hasil studi tersebut di kehidupan nyata agar dapat move on cepat? Berdasarkan hasil studi, bila Anda ingin mengurangi perasaan cinta kepada si mantan, maka pikirkanlah kualitas-kualitas buruk dalam dirinya. Misalnya, ia malas, ia boros, ia tak pernah menepati janji, dan lainnya. Walau ini akan membuat mood Anda jadi buruk dalam jangka waktu tertentu, cara ini terbukti ampuh untuk melalui masa-masa putus cinta.

Namun, meski cara ini terbukti ampuh, tidak ada hal yang bisa berhasil dalam satu malam saja. Artinya, menjaga usaha untuk move on secara konsisten sangatlah penting. Anda bisa menuliskan hal-hal negatif nan merugikan yang pernah dialami ketika bersamanya misalnya. Lakukanlah ini setiap hari agar Anda senantiasa terjaga bahwa keputusan untuk berpisah dengannya adalah hal yang tepat.

Selain memikirkan hal negatif tentangnya, Anda juga bisa mendistraksi diri dengan hal lain yang lebih positif. Namun, ingatlah bahwa mencari aktivitas lain untuk melupakan si dia adalah bentuk menghindari masalah. Distraksi mungkin bisa Anda lakukan sekali-kali, tetapi jangan terlalu sering.

Bila Anda terlalu sering mengalihkan pikiran dan bukan menghadapi permasalahan yang sebenarnya, yang ada masalah tidak akan pernah selesai. Anda hanya lari dari masalah dan bukan menyelesaikannya. Gunakan distraksi untuk memperbaiki mood dalam waktu singkat. Namun, ingatlah untuk selalu menghadapi masalah yang sebenarnya.

Be the first to write a comment.

Your feedback

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan