Kapan Haid Datang Kembali Pasca Keguguran?

Haid pertama setelah keguguran selalu dinanti. Pasalnya, hal ini menandakan bahwa tubuh Anda telah kembali berbenah. Entah Anda dan pasangan berencana untuk langsung memiliki momongan atau tidak, yang pasti haid setelah keguguran adalah pertanda baik bagi tubuh. Lantas, berapa lama sih waktu normal yang dibutuhkan untuk mendapatkan haid pertama setelah keguguran?

haid setelah keguguran

KEGUGURAN jelas bukanlah fenomena hidup yang menyenangkan. Terlebih, setelah mengalami hal ini, Anda membutuhkan waktu untuk menyembuhkan rasa trauma karena kehilangan. Dan tak cukup sampai di situ, banyak pula wanita yang bertanya-tanya apakah tubuh mereka cukup baik untuk hamil lagi atau tidak pasca mengalami keguguran.

Salah satu tanda bahwa tubuh Anda telah berangsur-angsur membaik adalah datangnya haid setelah keguguran. Haid pertama setelah keguguran lazimnya menandakan bahwa tubuh Anda akan kembali normal sesegera mungkin. Jika Anda masih sangat awam akan hal ini, berikut beberapa yang perlu Anda tahu terkait haid setelah keguguran.

Kapan Haid Pertama Akan Datang?

Jawabannya tergantung. Tergantung pada kondisi tubuh Anda. Normalnya, haid setelah keguguran datang dalam rentang waktu 6 minggu pasca keguguran terjadi. Namun, haid bisa datang lebih lama jika Anda mengalami keguguran di usia kehamilan tua.

Haid pertama setelah keguguran akan datang lebih cepat jika Anda mengalami keguguran di usia kehamilan muda. Yang perlu Anda tahu, kehamilan bisa saja terjadi sebelum haid pertama setelah keguguran datang. Anda sangat mungkin mengalami ovulasi setelah mengalami keguguran.

Haid Seperti Apa yang Akan Terjadi?

Haid setelah keguguran umumnya sama dengan haid di bulan-bulan biasa. Namun, ada beberapa wanita yang setelah keguguran akan mengalami pendarahan yang lebih berat atau lebih ringan. Ini normal kok jika hanya terjadi pada bulan pertama.

Anda baru boleh khawatir ketika siklus tak normal ini tetap terjadi selama beberapa bulan. Jika pendarahan dan rasa sakit tak normal bertahan lebih dari 3 bulan, segeralah melapor ke dokter Anda.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencoba Hamil Kembali?

Setelah haid pertama datang, pertanyaan selanjutnya yang kerap dihadapi pasangan yang mengalami keguguran adalah kapan mencoba kembali? Beberapa dokter berpendapat bahwa Anda dan pasangan setidaknya harus menunggu selama satu siklus menstruasi sebelum akhirnya mencoba kembali.

Namun, ada pula yang berpendapat bahwa masa tunggu paling tidak berjalan selama satu hingga tiga bulan. Sebab, risiko kembali mengalami keguguran akan kian tinggi jika Anda dan pasangan langsung mencoba kembali tanpa memberi jeda.

Baca juga: Langsung Hamil Setelah Keguguran, Amankah?

Selain itu, beberapa ahli juga merasa bahwa Anda dan pasangan membutuhkan waktu untuk berduka setelah mengalami kehilangan. Jika kondisi fisik dan mental sudah cukup siap, barulah Anda dapat mencoba kembali.

Namun, pada akhirnya, tidak ada bukti medis cukup kuat yang dapat menyatakan waktu ideal untuk mencoba hamil kembali setelah keguguran. Persoalan ini benar-benar bergantung pada kondisi kesehatan pribadi. Yang terpenting adalah Anda dan pasangan sama-sama telah sembuh dari rasa kehilangan. Dan tentu saja, pihak wanita sudah merasa cukup fit untuk kembali mengandung.

Pun, jangan trauma dan berpikir Anda akan kembali mengalami keguguran. Banyak kok kehamilan yang sukses pasca keguguran. Bila Anda sampai mengalami keguguran dua kali berturut-turut, cobalah menjadwalkan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter kandungan andalan Anda. Ia mungkin bisa memberikan program kehamilan yang sesuai berdasarkan riwayat kesehatan Anda dan pasangan.

Ingatlah bahwa fase keguguran menguras emosi juga energi. Maka dari itu, bekerja samalah dengan pasangan untuk melalui masa-masa sulit ini.

Be the first to write a comment.

Your feedback

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Tanya kepada dokter atau psikolog.

Buat Pertanyaan