Kapan Mulai Subur Lagi setelah Berhenti Pakai Kontrasepsi?

Alat kontrasepsi dipakai saat tidak sedang merencanakan kehamilan. Sebaliknya, ketika Anda dan pasangan ingin memiliki buah hati lagi, segera lepas alat kontrasepsi. Namun, masa subur wanita tak lantas kembali setelah melepas KB. Ada jeda waktu antara melepas KB dan kembalinya masa subur yang perlu Anda tahu. Jadi, kapan sebenarnya seorang wanita bisa subur lagi setelah lepas KB? Simak di sini jawabannya.
subur lagi setelah lepas kb
ALAT kontrasepsi digunakan pasangan supaya dapat mengatur program kehamilan. Supaya ada jeda antara anak pertama dan kedua, alat KB pun dipasang. Setelah beberapa waktu berlalu, katakanlah Anda dan pasangan ingin memiliki buah hati lagi, segeralah lepas alat kontrasepsi.
Pasalnya, masa subur wanita tak langsung kembali setelah melepas KB. Proses melepas KB pun tak sesederhana berhenti minum pil dan esoknya Anda langsung hamil. Ada prosesnya. Subur lagi setelah lepas KB bukanlah hal yang serta-merta terjadi. Dilansir dari verywell.com, inilah beberapa kemungkinannya.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Hamil Setelah Melepas KB?

Alat kontrasepsi digunakan untuk mengendalikan masa subur wanita. Saat menggunakan alat ini, tak akan ada sel telur yang diproduksi dalam rahim Anda. Jika tak ada sel telur, maka tak ada yang bisa dibuahi oleh sperma. Inilah yang mencegah Anda dari kehamilan.
Ketika berhenti menggunakan alat kontrasepsi, sel telur akan kembali diproduksi. Ada tempat yang akan dibuahi oleh sperma sehingga ada kemungkinan Anda akan hamil. Namun, memiliki sel telur tak otomatis membuat hamil, bukan?
Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk subur lagi setelah lepas KB? Jawabannya tergantung pada jenis alat kontrasepsi yang selama ini Anda gunakan.
Baca juga: Ingin Stop Minum Pil KB? Ini 5 Langkahnya

Perbandingan Alat Kontrasepsi

Kondom dan spermisida adalah dua contoh alat kontrasepsi barrier. Jenis alat kontrasepsi ini hanya mencegah sperma untuk masuk ke sel telur. Jadi, masa pembuahan Anda tak terganggu. Nah, karena tak ada kaitannya dengan masa ovulasi, maka kemungkinan untuk hamil setelah tak menggunakan alat kontrasepsi lagi sangatlah cepat.
Sebaliknya, jika Anda menggunakan KB pil atau suntik yang mengendalikan masa ovulasi Anda, mungkin akan ada jeda waktu untuk subur lagi setelah lepas KB. Beberapa mengatakan butuh waktu tiga bulan untuk mengembalikan masa kesuburan setelah berhenti minum pil. Padahal, tidak demikian.
Masa waktu 3 bulan hanyalah mitos. Wanita pada umumnya hanya membutuhkan waktu kisaran minggu untuk mengembalikan masa subur. Dokter bahkan mengatakan bahwa masa paling subur wanita adalah sesaat setelah berhenti minum pil.

Faktor Lain yang Mungkin Berpengaruh

Selain jenis kontrasepsi, ada faktor lain yang mungkin berpengaruh pada cepatnya proses kehamilan setelah melepas KB. Usia salah satunya. Jika Anda berusia di atas 35 tahun, kehamilan mungkin terjadi dalam rentang waktu yang agak lama.
Baca juga: Tips Cepat Hamil di Usia 35 Tahun

Kesuburan Tidak Sama dengan Kehamilan

Hanya karena masa subur telah kembali setelah melepas alat kontrasepsi, tidak berarti Anda akan segera hamil. Ada wanita yang langsung hamil setelah masa suburnya kembali, ada pula yang membutuhkan waktu agak lama. Selain usia, kesehatan dan gaya hidup juga berpengaruh.
Maka dari itu, segera temui dokter setelah melepas KB jika tanda-tanda ini muncul:

  • tidak ada menstruasi setelah 3 bulan, menstruasi yang tidak teratur
  • terjadi perubahan besar pada jumlah darah kotor yang keluar selama haid
  • tidak kunjung hamil setelah 12 bulan padahal masih berusia di bawah 35 tahun
  • tak kunjung hamil setelah 6 bulan dan usia Anda di atas 35 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *