Kenali "Micro-Cheating" dan Cara Mengatasinya Jika Si Dia Ketahuan Melakukannya

Selingkuh tidak melulu soal pacar dekat dengan orang lain selain Anda. Perselingkuhan bisa terjadi dalam hal-hal terkecil, bahkan seperti secara rutin memberi like pada post Instagram mantan. Apa ini berlebihan jika disebut selingkuh? Tidak juga. Justru inilah yang disebut sebagai “micro-cheating” yang dapat berkembang menjadi perselingkuhan sebenarnya. Supaya lebih waspada, kenali bentuk-bentuk micro-cheating dan cara menghadapinya berikut ini.
pacar dekat dengan orang lain
ANDA mendapati sang pacar secara intens memberi komentar di post salah satu teman wanitanya. Bukan sekali dua kali, tetapi hampir di setiap post baru wanita tersebut. Saat Anda menegur, sang pacar justru menuduh Anda berlaku berlebihan dan kekanak-kanakan. Mencoba mengalah, Anda menerima kritik ini, tetapi tetap terasa ada yang mengganjal di hati.
Jika kejadian seperti ini terasa familiar, jangan terima begitu saja bila pacar mengatakan Anda berlebihan dan kekanak-kanakan. Perselingkuhan bukan hanya soal pacar dekat dengan orang lain. Hal-hal kecil seperti memberi komentar di post media sosial dapat dikategorikan sebagai micro-cheating yang jika dibiarkan akan berbahaya bagi hubungan.
Mungkin saat ini, si pacar dekat dengan orang lain bukanlah masalah utama. Mungkin ia memang belum dekat dan sama sekali tidak terlintas di benaknya untuk mendekati wanita yang Anda khawatirkan. Namun, komunikasi yang intens antara si pacar dan dia berpotensi besar menyakiti Anda nantinya.
Jadi, daripada pacar ketahuan selingkuh dan Anda sakit hati, lebih baik cegah micro-cheating tersebut bertambah besar dari sekarang. Dikutip dari bustle.com, beginilah cara menghadapi pacar yang melakukan micro-cheating.

Bersiaplah Kalau-Kalau Si Pacar Berkata Itu Tidak Ada Maknanya

Orang sering menganggap bahwa perselingkuhan adalah sebatas pacar dekat dengan orang lain secara seksual. Jika belum sampai ke sana, maka belum selingkuh namanya. Namun, masa sih harus tunggu pacar ketahuan selingkuh dulu baru bertindak?
Justru saat masih ada dalam tahap micro-cheating-lah Anda harus bergerak untuk mencegahnya. Bagaimanapun, ketika si pacar secara sengaja mencari kesenangan dengan wanita lain, ini adalah tindakan disrespect yang berpotensi menyakiti Anda.
Mungkin ia akan berkata bahwa ini tidak ada apa-apanya. Namun, berusahalah membuatnya mengerti bahwa hal ini dapat menyakiti Anda.

Diskusikan Batas

Beberapa orang memang mencoba jadi orang yang baik dan bersahabat. Maka dari itu, ada kemungkinan bahwa yang ia lakukan hanyalah sebatas tindakan bersahabat, tanpa ia tahu bahwa hal ini menyakiti pasangannya.
Jika pacar Anda adalah tipe ini, diskusikanlah batas dengannya. Apa yang boleh dan tidak boleh saat ia berusaha bersahabat dengan wanita lain.
Baca juga: 7 Cara Menghindari Terjadinya Perselingkuhan dalam Relationship

Beri Tahu Apa yang Anda Rasakan

Alih-alih membuatnya merasa bersalah atau memberi tahu letak kesalahannya, ubahlah fokus pembicaraan. Fokuslah pada apa yang Anda rasakan karena perbuatannya. Dengan demikian, ia akan lebih mau tenang sambil duduk mendengarkan. Biarkan ia mencari cara sendiri untuk berhenti menyakiti Anda.

Masukkan Sedikit Sudut Pandang

Sebelum mengkritik, cobalah tempatkan diri Anda di posisinya. Apakah Anda pernah melakukan hal yang sama? Jika pernah, apa maknanya untuk Anda?
Bila ternyata Anda pernah melakukan hal yang sama dan itu tidak berarti apa-apa, maka kemungkinan besar ia pun sama. Pastikan kekecewaan ini bukanlah karena Anda yang over-sensitif.

Sadarilah bahwa Ada Alasan di Balik Perilakunya

Dalam hubungan yang bahagia, kedekatan dengan orang lain tidaklah berarti apa-apa. Namun, ketika dalam hubungan seseorang tidak merasa dicintai dan diberi perhatian yang cukup, maka sangat mungkin ia mencarinya di tempat lain.
Anda sangat berhak mengonfrontasinya soal micro-cheating ini. Namun, setelahnya pastikan untuk memberi perhatian dan rasa nyaman yang cukup pada pasangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *