Konsumsi Makanan Ini untuk Mencegah Flu

Cara mencegah flu memang gampang-gampang susah. Saat perubahan musim terjadi, biasanya banyak orang akan terserang penyakit ini, namun ada pula lho yang terluput. Selain kuatnya imun tubuh, mereka yang tidak mudah terserang flu biasanya sering mengonsumsi makanan untuk meredakan flu.
cara mencegah flu
UNTUNGNYA, makanan untuk meredakan flu yang dimaksud di sini bukanlah deretan sumber pangan langka yang susah didapatkan. Menurut ahli gizi, Lisa Hark Ph.D., RD, apa yang seseorang makan dan bagaimana gaya hidupnya, sangat menentukan apakah ia bisa terhindar dari wabah flu atau tidak.

Makanan Pencegah Flu

Oleh karena itu, pemilihan makanan yang tepat perlu kita andalkan sebagai salah satu cara mencegah flu secara alami. Makanan yang tepat dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh sehingga tak membuat badan mudah tumbang akibat infeksi virus atau bakteri.
Oleh karenanya jangan tunggu ambruk dulu karena penyakit, segera perbaiki pola makan dan gaya hidup Anda dengan mengonsumsi deretan makanan berikut:

1. Buah dan sayur

Kita tahu kalau vitamin C sangat penting untuk kesehatan imun tubuh. Oleh karenanya dalam keseharian, rajinlah mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C seperti jeruk-jerukan, pepaya, kiwi, jambu merah, berry, dan lain sebagainya. Di samping memuat vitamin C, deretan makanan tadi juga dilengkapi dengan vitamin lain seperti A dan E, serta antioksidan flavonoid yang merupakan rekan kerja vitamin C dalam perannya sebagai penguat kekebalan tubuh.
Lalu, berapa banyak porsi buah dan sayur yang disarankan setiap harinya sebagai cara mencegah flu? Setiap orang perlu sedikitnya makan 5 porsi buah dan sayur setiap harinya agar kebutuhan vitamin, mineral, serat, dan antioksidannya terpenuhi.
Kalau Anda malas makan buah dalam bentuk aslinya, maka tak mengapa kalau sesekali minum jus. Hanya saja jangan sembarang pilih jus, minumlah yang benar-benar terbuat dari buah asli dan yang tidak disertai zat tambahan lainnya seperti pengawet atau pemanis. Alternatif lain yang juga baik menurut Lisa adalah, dengan memasukkan buah atau sayur beku seperti jagung, polong, dan lain sebagainya, ke dalam makanan.
Baca juga:Berat Badan Cepat Naik? Mungkin Ini Penyebabnya
Akan tetapi, bila Anda memang berniat memperbaiki pola makan dengan memperbanyak asupan buah, maka ada cara mudah untuk melakukannya. Anda hanya perlu menjadikan buah dan sayur sebagai salah satu menu makanan utama.
Ke dalam sereal pagi misalnya, coba tambahkan potongan buah berry atau pisang. Lalu, minumlah segelas jus jeruk atau jambu sebelum berangkat kerja. Dan saat makan siang, jadikan buah apel, anggur, atau lainnya sebagai acar untuk menu utama.
Anda juga bisa menjadikan buah dan sayur favorit sebagai menu cemilan saat perut terasa lapar. Ini lebih sehat (dan melangsingkan) ketimbang keripik bukan? Sedangkan di malam harinya, Anda bisa mengonsumsi sup sayur atau salad buah.

2. Protein dan whole grain

Selain buah dan sayur, kita juga wajib mengonsumsi sumber makanan sehat lainnya seperti ikan, unggas, susu rendah lemak, kacang legume, whole grain, kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak, produk susu, biji-bijian, dan lain sebagainya.
Tubuh memerlukan protein karena sumber pangan ini dapat memberikan asupan asam amino yang dapat membangun tubuh dan menjadikannya tetap kuat. Di samping itu, mengonsumsi daging tanpa lemak juga bisa menghindarkan Anda dari kekurangan zat besi dan zinc, apalagi kedua mineral ini juga sangat memengaruhi imun tubuh.

Kalau Pakai Suplemen Saja, Gimana? Bisa?

Selain dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan di atas, Lisa juga menyarankan agar kita tidak menggantungkan kesehatan pada suplemen (yang termahal sekalipun). Sebab bagaimanapun juga, makanan asli tetaplah yang terbaik. Sebutir jeruk tetaplah lebih baik ketimbang tablet vitamin C, karena di dalam buah jeruk terkandung ragam nutrisi seperti magnesium, potasium, folat, vitamin B6, serta antioksidan jenis flavonoid.
Baca juga:Awas, Jangan Minum Kopi Setelah Minum Obat!

Bagaimana Bila Sudah Terlambat? Anda Sudah Terlanjur Kena Flu Sekarang..

Tetap saja, Anda harus bijak dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Meski rasa sakit membuat nafsu makan menurun, namun Anda tetap perlu makan paling tidak 3 kali sehari, sambil tetap makan buah serta sayur sebanyak mungkin.
Sebab untuk menguatkan diri dan sembuh, tubuh perlu energi dari makanan. Di samping itu, Lisa menyarankan agar Anda banyak minum air serta jus asli guna mencegah dehidrasi. Bila bosan dengan air putih biasa, maka tambahkan potongan buah ke dalamnya.
Tips lain yang disarankan Lisa bila Anda sedang mengidap flu saat ini adalah:

1. Jangan malas cuci tangan

Tangan memegang banyak benda setiap harinya, dan kebanyakan dari obyek tersebut pasti mengandung kuman. Oleh sebab itu, sebelum masak, setelah memotong daging mentah, sebelum makan, ada baiknya Anda selalu cuci tangan menggunakan sabun.

2. Istirahat yang cukup

The National Sleep Foundation mengatakan, baik anak-anak maupun orang tua ternyata sama-sama kurang tidur. Padahal ketika ini terjadi, maka risiko mudah sakit akan lebih besar lagi. Agar bisa segera pulas di malam hari, hindari makan terlalu malam.

3. Menggunakan vaksin influensa

Tak peduli masih muda atau sudah beruban, Anda tetap bisa mengandalkan vaksin influensa untuk mencegah flu.

4. Olahraga teratur

Berbagai studi membuktikan bahwa mereka yang sering olahraga sangat jarang sakit. Maka dari itu, kapanpun dan dimanapun Anda berada, selalu sempatkan diri untuk berolahraga.
Demikianlah beberapa tips yang bisa kami bagikan terkait cara mencegah flu, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *