Kutil Kelamin

Pencegahan Kutil Kelamin

Pencegahan kutil kelamin dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, cara menghindari penyakit menular seksual apapun adalah dengan absen dari kegiatan seksual, setia terhadap pasangan seksual, dan menggunakan pengaman. Namun, walaupun pemakaian kondom dapat mengurangi resiko terinfeksi kutil kelamin, metode tersebut tidak 100% efektif dan Anda tetap bisa terkena infeksi virus HPV.

Alternatif lain pencegahan kutil kelamin adalah dengan vaksin. Ada 3 jenis vaksin yang bisa diberikan baik pada pria, wanita, remaja, dan anak-anak.

Gardasil

Vaksin Gardasil dapat melawan 9 tipe virus HPV dan dapat mengurangi resiko kanker serviks sampai 70%. Kutil kelamin dapat dicegah oleh vaksin ini sampai dengan 90%. Gardasil dapat diberikan pada perempuan dan laki-laki dari umur 9 tahun sampai 26 tahun.

Gardasil 9

Vaksin Gardasil 9 dapat mencegah infeksi virus HPV yang sama dengan yang dicegah vaksin Gardasil dengan tambahan pencegahan terhadap 5 tipe virus HPV. Vaksin ini mampu mengurangi resiko kanker serviks sampai 90% dan bisa diberikan pada perempuan umur 9 sampai 26 tahun dan laki-laki umur 9 sampai 15 tahun.

Cervarix

Cervarix diberikan untuk mencegah kanker serviks dan bisa diberikan pada wanita ummur 9 sampai 25 tahun. Vaksin Cervarix mampu melawan tipe HPV-16 dan HPV-18. Vaksin Cervarix hanya untuk mencegah kanker serviks dan tidak bisa mencegah kutil kelamin. Hal ini dikarenakan tidak semua tipe HPV mampu dicegah dengan pemberian Cervarix.