Kutu Kemaluan

Gejala Kutu Kemaluan

Ciri-ciri kutu kemaluan sebenarnya mudah dikenali. Tubuh parasit ini sangat kecil, panjang kutu dewasanya saja tak lebih dari 2 mm. Namun dengan bantuan kaca pembesar, kita dapat melihat tubuhnya yang berwarna kuning abu-abu, coklat, atau merah.

Kutu kemaluan memiliki total 6 kaki, dengan 2 kaki di bagian depan tubuhnya yang dipakai untuk mencengkeram rambut. Oleh sebab itu, tak heran kalau parasit ini juga disebut sebagai crabs karena bentuk tubuhnya yang sepintas mirip kepiting.

Parasit ini tidak dapat melompat atau terbang. Kutu kemaluan hanya menular dengan cara merambat atau merayap. Ketika hinggap pada rambut seseorang, kutu akan mempertahankan hidupnya dengan mengisap darah inangnya. Parasit ini pun mampu bertahan hidup 2 hari tanpa mengisap darah.

Begitu bertelur, kutu betina akan meninggalkan telurnya yang berbentuk oval dan berwarna coklat muda, putih keabuan, atau kuning ke rambut inangnya. Telur tersebut biasanya akan menetas setelah 6-10 hari. Setelah menetas, maka parasit yang masih kecil akan tumbuh menjadi kutu dewasa setelah 2-3 minggu.

Gejala kutu kemaluan biasanya baru dirasakan penderitanya beberapa minggu setelah parasit menginfeksi tubuhnya. Gejala kutu kemaluan yang paling lazim adalah timbul rasa gatal di area terinfeksi, disertai bintik biru atau bercak merah yang merupakan bekas gigitan kutu. Karena kutu kemaluan lebih aktif saat malam, maka gejalanya pun biasanya semakin menjadi-jadi saat penderita sedang tidur.

Rasa gatal tersebut biasanya merupakan reaksi alergi terhadap air liur yang dikeluarkan oleh kutu ketika menghisap darah. Biasanya rasa gatal ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk reda, yakni sekitar 1-3 minggu.

Selain gatal, penderita kutu kemaluan bisa jadi mengalami demam, kelelahan karena tidak bisa tidur, hingga infeksi pada kulit yang lecet karena garukan. Penderita mungkin juga akan mendapati adanya bintik gelap di celana dalam yang merupakan kotoran dari kutu.

Bila penderita penyakit menular seksual ini mengalami gatal di bagian organ intimnya seperti yang disebutkan di atas, maka tak ada salahnya memeriksakan diri untuk mencari tahu kemungkinan adanya infeksi kutu kemaluan.