Kutu Kemaluan

Penyebab Kutu Kemaluan

Penyebab kutu kemaluan tak lain adalah parasit bernama Pthirus pubis. Sifat organisme ini hanya menular dari manusia ke manusia lainnya, melalui kontak fisik seperti hubungan seksual, entah itu secara vaginal, anal, ataupun oral.

Kutu kemaluan juga bisa menular melalui ciuman atau pelukan karena selain rambut di organ keintiman, rambut di bagian tubuh lain seperti kumis, jenggot, dada, ketiak, kaki, alis, hingga bulu mata juga bisa menjadi tempat hidup parasit tersebut. Kutu kemaluan tidak bisa hinggap di rambut kepala atau bulu halus pada kulit manusia karena tekstur rambut di area tersebut sangat tipis.

Soal penyebarannya, walau jarang terjadi, kutu kemaluan dapat juga menginfeksi seseorang kalau ia mengenakan baju, seprei, atau handuk yang pernah dipakai penderita kutu.

Suhu udara yang dingin serta kebersihan yang buruk juga menjadi penyebab kutu kemaluan dapat menyebar dengan mudah. Parasit ini bisa menginfeksi seseorang yang kurang menjaga kebersihan tubuh maupun pakaiannya. Tak heran kalau kutu kemaluan banyak menghinggapi tuna wisma atau orang yang tinggal di lingkungan dengan tingkat higienitas buruk.

Selain itu, tak sedikit orang yang terinfeksi penyakit menular seksual juga mengidap kutu kemaluan karena kebiasaan berganti-ganti pasangan.