Menorrhagia

Pengertian Menorrhagia

Pengertian umum dari menorrhagia adalah pendarahan yang keluar dari rahim yang berlebihan yang timbul selama periode siklus menstruasi yang normal dimana periode menstruasi yang disertai dengan pendarahan abnormal yang berat dan berkepanjangan.

Pengertian menorrhagia ini bisa didefinisikan secara awam, yaitu pada saat wanita mengalami menstruasi tetapi volume darah yang keluar sangat banyak hingga menyebabkan pembalut yang digunakan basah oleh darah menstruasi dan harus mengganti beberapa kali pembalut yang digunakan. Dengan kata lain, wanita yang pada saat menstruasi mengeluarkan darah dalam jumlah yang tidak wajar baru bisa divonis mengalami menorrhagia.

Selain kehilangan darah dalam jumlah banyak, menorrhagia umumnya juga ditandai dengan rasa kram pada area perut. Rasa nyeri atau kram ini dan disertai pendarahan yang berat hingga merendam tampon atau pembalut dan terutama dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

Menstruasi yang normal hanya mengeluarkan darah sekitar 30 40 ml. Namun, wanita yang menderita menorrhagia bisa mengeluarkan darah sekitar 60 80 ml, bahkan lebih. Mengingat jumlah darah yang dikeluarkan sangat banyak, maka penderitanya harus sering-sering berganti pembalut. Gangguan menstruasi ini dapat membuat penderitanya berganti pembalut hingga 2-3 kali dalam waktu satu jam. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu aktvitas penderitanya.

Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter jika kondisi menorrhagia sudah sangat mengganggu aktivitas dan menurunkan kualitas hidup Anda. Walaupun gangguan menstruasi ini tidak membahayakan nyawa, tetapi harus secepatnya mengatasi gangguan haid ini hingga benar-benar sembuh dikarenakan jumlah darah yang terlalu banyak dikeluarkan saat menstruasi dapat menyebabkan pendarahan. Pemeriksaan medis juga sangat penting untuk dilakukan sesegera mungkin oleh penderita menorrhagia untuk mendeteksi adanya masalah atau penyakit serius yang terdapat di sekitar rahim.

Kesimpulannya, ketika Anda mengalami pendarahan abnormal saat menstruasi, bahkan hingga merendam pembalut dan tembus di celana, maka segera konsultasikan masalah yang Anda alami ke dokter spsialis kandungan. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan medis untuk mendiagnosis kemungkinan menorrhagia. Setelah mengetahui penyebab menorrhagia pada pasiennya, dokter akan segera menentukan jenis terapi yang tepat untuk pasien.