Pengaruh Kurang Tidur terhadap Kesehatan Wanita

Penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih rentan terhadap penyakit yang diakibatkan oleh kurang tidur daripada pria. Satu hal yang diketahui khalayak umum adalah kurang tidur menyebabkan pusing. Namun selain pusing, ada lagi akibat kurang tidur bagi wanita. Wanita yang kekurangan waktu tidur akan mengalami risiko lebih besar terhadap diabetes, penyakit jantung, dan depresi.

KEKURANGAN tidur memang biasa dialami oleh banyak wanita, baik wanita pelajar, pekerja, maupun ibu rumah tangga. Mengutip dari laman Independent, National Sleep Foundation (NSF) dan tim yang terdiri dari 18 orang ilmuwan medis dan para peneliti mengulas banyak penelitian seputar tidur.
Mereka mencoba menemukan jumlah waktu yang tepat bagi seseorang untuk tidur sesuai dengan usianya. Hasilnya, jumlah waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa (18-64 tahun) adalah 7-9 jam per hari. Kurang dari itu, maka Anda mengalami kurang tidur.
Banyak akibat kurang tidur bagi wanita, terutama dari segi kesehatan. Keluhan-keluhan umum yang datang dari kekurangan tidur antara lain adalah stres, mudah sakit seperti flu dan demam, nyeri sendi dan otot.
Memang tidak mudah untuk mengatasi kurang tidur, namun tidak ada salahnya perlahan mengubah kebiasaan tidur Anda untuk menghindari risiko berbagai penyakit. Cara mengatasi kurang tidur dapat dilakukan dengan mengubah kebiasaan makan malam, mengganti suasana kamar tidur, mengubah jadwal malam, dan banyak lainnya.

Wanita dan Kekurangan Tidur

Penelitian dari Duke University Medical Center, yang dipimpin oleh Edward Suarez, PhD., seorang profesor di Psychiatry and Behavioral Sciences, menemukan bahwa wanita yang dilaporkan tidur tidak sehat berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan depresi.
“Perbedaannya cukup luar biasa,” ujar Suarez. “Sebagian besar penelitian mengatakan bahwa pola tidur yang buruk tidak baik untuk kesehatan secara umum, namun hanya sedikit penelitian yang melihat perbedaan di antara dua jenis kelamin ini.”
Menurut Suarez, risiko lebih tinggi yang dimiliki wanita dapat diakibatkan oleh hormon. Namun, belum jelas bagaimana hormon bekerja dalam kasus ini. Apakah hormon lebih melindungi pria atau malah menyebabkan perempuan lebih rentan.

Bagaimana Kekurangan Tidur Memengaruhi Kesehatan Anda

Dalam penelitian tahun 2007 oleh National Sleep Foundation, ditemukan bahwa dua dari tiga wanita mengaku mengalami masalah terkait tidur beberapa hari dalam seminggu dalam satu bulan terakhir. Hal ini tidak baik.
Pola tidur kurang sehat dapat memengaruhi kesehatan wanita, bahkan bisa saja mengakibatkan harapan hidup lebih pendek dibandingkan pria, ujar Suarez. Berikut adalah beberapa risiko penyakit yang hadir akibat buruknya pola tidur.
Hipertensi
Wanita yang mengalami kesulitan tidur di malam hari akan memiliki jumlah protein C-reaktif (protein yang dihasilkan oleh hati) lebih tinggi dari pria dan menyebabkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Diabetes Tipe 2
Kurang tidur dapat mengganggu toleransi glukosa dan menyebabkan wanita maupun pria dalam kondisi tubuh dengan risiko diabetes tipe 2. Studi yang dilakukan oleh Suarez menunjukkan bahwa wanita yang kurang tidur lebih cenderung memiliki kadar insulin dan gula darah lebih tinggi daripada pria kekurangan tidur.
Naiknya Berat Badan
Kekurangan tidur kerap kali diasosiasikan dengan naiknya nafsu makan, yang berarti berat badan juga akan meningkat bagi wanita maupun pria. Studi dari Duke University ini juga menunjukkan bahwa wanita yang kekurangan tidur cenderung kelebihan berat badan, lebih dibandingkan dengan pria kekurangan tidur.
Depresi
Menurut penelitian Suarez, kekurangan tidur tidak hanya mengganggu kemampuan berpikir dan memori, tetapi juga berpengaruh pada perasaan yang menjadi lebih emosional, lebih mudah marah, dan juga depresi pada wanita.
Setelah mengetahui berbagai penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur, alangkah baiknya jika Anda yang mengalami kekurangan tidur lebih memerhatikan tips sehat seputar tidur. Semoga pola tidur Anda lekas membaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *