Peyronie (Penis Bengkok)

Pengertian Peyronie (Penis Bengkok)

Peyronie adalah salah satu jenis penyakit terkait disfungsi ereksi yang ditandai dengan penis bengkok sebagai ciri utamanya. Sebenarnya, kondisi penis bengkok sendiri merupakan hal yang normal, namun kalau seorang pria mengalami kesakitan saat ereksi, maka itu merupakan salah satu pertanda kuat bahwa ia mungkin mengidap Peyronie.

Gejala Peyronie

Selain penis bengkok, gejala lain Peyronie adalah munculnya plak pada penis, masalah ereksi, ukuran penis yang memendek, hingga timbul rasa sakit baik saat ereksi maupun tidak.

Penyebab Peyronie

Hingga kini, para ahli belum dapat memastikan penyebab Peyronie. Namun beberapa kalangan berpendapat bahwa luka traumatik, umur, hingga faktor genetik bisa jadi pemicunya. Mereka yang mengidap kelainan jaringan seperti Kontraktur Dupuytren juga diduga beresiko lebih tinggi terkena penyakit penis bengkok.

Diagnosis Peyronie

Untuk dapat memastikan apakah seorang pria memang benar mengidap Peyronie atau tidak, maka dokter akan melakukan serangkaian tes mulai dari pemeriksaan fisik, X-Ray, hingga ultrasound.

Pengobatan Peyronie

Perawatan Peyronie sebenarnya tidak wajib dilakukan, mengingat penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya. Anda jelas tak perlu pengobatan khusus kalau penis tak terlalu bengkok, dan Anda masih bisa berhubungan intim tanpa rasa sakit atau mengalami disfungsi ereksi. Akan tetapi kalau gejala Peyronie kian memburuk, maka pengobatan melalui obat-obatan tertentu, atau jalan operasi mungkin perlu dilakukan.

Komplikasi Peyronie

Walau tak membahayakan nyawa seseorang, namun komplikasi Peyronie bisa berakibat pada rusaknya kebahagiaan dalam rumah tangga. Hal ini dikarenakan pasien Peyronie kemungkinan besar akan mengalami disfungsi ereksi, sehingga ia kesulitan untuk memuaskan atau membuahi pasangannya sehingga hamil.

Pencegahan Peyronie

Menurut beberapa ahli, pencegahan Peyronie dapat dilakukan dengan cara menjalani pola hidup yang sehat seperti tidak merokok, mengurangi konsumsi alkohol, hingga berolahraga secara teratur.