Preeklamsia

Perawatan Preeklamsia

Sembari menjalani pengobatan, pasien preeklamsia juga membutuhan perawatan khusus. Perawatan preeklamsia ini bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan tubuh. Semua hal yang dilakukan saat perawatan preeklamsia ini sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh semua pasien.

Pengecekan tekanan darah setiap hari

Pasien preeklamsia harus mengecek tekanan darahnya setiap hari. Solusinya adalah dengan membeli alat untuk mengukur tekanan darah pribadi. Dokter kandungan akan mengajarkan pasien untuk mengukur tekanan darah pada lengan yang sama dan posisi yang sama. Kemudian, catat tekanan darah dan waktu pengukurannya setiap hari, lalu bawa catatan ketika melakukan kunjungan ke dokter.

Menghitung jumlah tendangan bayi

Dokter akan menyarankan pasien preeklamsia untuk menghitung jumlah tendangan bayi yang ada di dalam kandungan. Tanyakan dokter bagaimana melakukan penghitungan tendangan bayi dan seberapa sering pasien harus melakukannya.

Menimbang berat badan setiap hari

Pasien preeklamsia harus menimbang berat badannya sendiri setiap hari sebelum sarapan. Pasalnya, penambahan berat badan dapat menjadi tanda adanya cairan ekstra di dalam tubuh pasien. Konsultasikan ke dokter jika berat badan Anda bertambah sebanyak 1 kg dalam waktu satu minggu.

Istirahat yang cukup

Dokter kandungan akan menyarankan pasien preeklamsia untuk lebih banyak beristirahat dan tidak melakukan berbagai aktivitas yang terlalu berat. Bila perlu, pasien harus bed rest jika kondisi preeklamsianya sudah terlampau parah.

 

Selain beberapa perawatan sederhana di atas, perawatan preeklamsia juga bisa dilakukan tergantung dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami pasien, seperti:

Preeklamsia ringan

Untuk pasien preeklamsia ringan yang kondisinya tidak bertambah parah, disarankan untuk mengurangi tingkat aktivitas terlebih dahulu. Sembari menjalani pengobatan, sebaiknya pasien mengecek kondisi tubuhnya sendiri, apakah merasa lebih baik atau bertambah buruk dari hari ke hari, lalu laporkan kondisi pasien saat kontrol ke dokter.

Preeklamsia tingkat sedang

Bagi pasien preeklamsia di tingkat sedang atau cenderung berat, sebaiknya dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan manajemen kehamilan yang lebih baik. Perawatan di rumah sakit meliputi pemberian obat-obatan, istirahat total, dan pemantauan ketat pada perkembangan bayi dalam kandungan. Sementara itu, pasien preeklamsia berat (eklampsia) akan diobati dengan magnesium sulfat untuk menghentikan dan mencegah kejang.