Trikomoniasis

Pengertian Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah infeksi penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Trichomonas vaginalis. Penyakit ini menular melalui kontak seksual alat kelamin, seperti penetrasi vaginal, seks oral, maupun seks anal.

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang paling umum di dunia. Akan tetapi, penyakit ini merupakan penyakit yang mudah disembuhkan. Penggunaan alat pengaman seksual seperti kondom saat berhubungan seksual dapat mengurangi risiko penularan trikomoniasis.

Manusia adalah satu-satunya inang (host) dari bakteri T vaginalis. Organisme penyebab trikomoniasis ini sering ditemukan dari pemeriksaan cairan vagina pada wanita dan uretra dari pria. Bakteri ini tidak ditemukan di lapisan mulut dan lapisan anus.

Pada wanita, gejala trikomoniasis menyebabkan rasa gatal di vagina, keputihan dengan bau yang sangat tidak sedap, dan rasa nyeri saat buang air kecil. Wanita hamil yang terinfeksi trikomoniasis berisiko tinggi melahirkan bayinya secara prematur.

Sementara itu, pria yang mengalami trikomoniasis umumnya tidak merasakan gejala apapun, meskipun infeksi ini bisa menyerang saluran kelamin, saluran kencing,dan uretra. Jika seorang penderita trikomoniasis berjenis kelamin pria mengalami gejala, maka gejala tersebut bisa meliputi rasa gatal di uretra atau warna urin yang keruh di pagi hari.

Trikomoniasis merupakan penyakit yang seringkali tidak terdiagnosa dikarenakan beberapa faktor, seperti seringkali tidak termasuk ke dalam pemeriksaan rutin kesehatan kelamin, teknik diagnosa yang ada memiliki sensitivitas yang rendah, dan gejalanya yang tidak spesifik.

Mengingat trikomoniasis adalah penyakit seksual yang gejalanya hampir sama dengan beberapa penyakit menular seksual lainnya, maka tes laboratorium spesifik sangat diperlukan untuk diagnosa pasti trikomoniasis. Setelah itu, proses pengobatan trikomoniasis dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan oral.

Meskipun penyakit ini tidak terlalu membahayakan, tetapi trikomoniasis dapat menimbulkan komplikasi terhadap penyakit menular seksual lainnya. Bahkan, penderita trikomoniasis berisiko tinggi terkena virus HIV yang dapat berkembang menjadi AIDS.